Digital Marketing kini telah menjadi bagian bisnis di era teknologi. Salah satu teknik pemasaran digital adalah menggunakan ads di media sosial. Berikut ini langkah mengiklankan produk di Instagram Ads yang harus kamu ketahui!

Berdasarkan data Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia pada periode Januari-Mei 2020 telah mencapai 69,2 juta pengguna. Pengguna platform ini meningkat di tengah pandemi COVID-19. Tech in Asia, komunitas online pelaku startup juga melaporkan bahwa 45% pengguna Instagram di Indonesia sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Para pengguna tersebut melihat dan membeli produk yang diiklankan penjual dengan bantuan fitur Instagram Ads.

Baca Juga: 5 Tools Analitik untuk Melihat Performa Instagram

Instagram Ads adalah platform iklan di media sosial Instagram yang membuat para pebisnis dapat memasarkan produk sesuai dengan target audiens yang diinginkan. Kamu bisa membuat iklan di feed maupun Instagram Stories. Jika kamu sudah sering membuat iklan di Facebook Ads, kamu tidak akan kesulitan membuat Instagram Ads. Sejak tahun 2012, platform iklan Facebook dan Instagram telah disatukan dan dapat diakses melalui Facebook Ads Manager.

Berikut beberapa langkah mengilkankan produk melalui Instagram Ads yang bisa membantu penjualan produk bisnismu.

7 Langkah Mengiklankan Produk di Instagram Ads

1. Pastikan produk mempunyai visual yang baik 
Instagram Ads produk menarik

Sumber: Freepik.com

Visualisasi produk yang menarik akan membuat calon konsumen meluangkan waktu untuk melihat iklanmu. Kamu bisa membuat visual yang disertai dengan tulisan atau copywriting yang menarik. Jika produk yang kamu pasarkan adalah pakaian, kamu bisa memperlihatkan detail dan keunggulan produk.

2. Tentukan dan persiapkan materi iklan

Sumber: Freepik.com

Instagram adalah media sosial yang menampilkan konten visual. Karena itu, sebelum mengiklankan produk, sebaiknya kamu memilih ukuran visual dan jenis iklan. Ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu gunakan untuk video maupun foto. Beberapa jenis iklan tersebut, antara lain jenis iklan image (standar), carousel (image slide yang terdiri atas 3-5 image), dan vidio dengan durasi waktu 15-50 detik.

Untuk mengiklankan produk, usahakan kamu membuat 2 hingga 3 jenis materi iklan untuk A/B testing atau percobaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan konten visual yang diciptakan.

Baca Juga: Cara Membuat Deskripsi Produk Menarik dan Menjual

3. Tentukan Ukuran yang Tepat

Sumber: Blog.hubspot.com

Dalam Facebook Ads Manager, telah ada beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan jenis iklanmu. Untuk iklan di Instagram post, kamu dapat membuat visual dengan resolusi minimal 600 x 600 piksel dan resolusi maksima 1936 x 1936 piksel. Selain itu, kamu juga dapat beriklan di Instagram Stories dengan ukuran resolusi 1080 x 1920. Untuk iklan video, kamu dapat menggunakan ukuran 1:1, 4:5 atau landscape dan pastikan tidak ada bagian yang terpotong.

4. Ciptakan caption yang menarik

Sumber: New.soldsie.com

Untuk membuat iklan yang berhasil, kamu perlu mempersiapkan dua hingga tiga jenis caption yang berbeda. Kamu bisa memberikan copywriting yang berbeda dalam tiga jenis iklan tersebut. Caption yang menarik tentunya dapat membuat calon konsumen bertindak saat melihat iklan produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Cara Membuat Landing Page Marketing dengan Mudah

5. Berikan informasi yang lengkap

Sumber: Socialmediaexaminer.com

Dalam caption maupun visual produk, kamu dapat memberikan informasi lengkap tentang bisnismu. Kamu bisa memuat cara pemesanan, harga produk, dan keunggulan produk. Hal itu meningkatkan kesadaran konsumen. Dengan demikian, kamu telah berhasil masuk ke dalam salah satu funnel Digital Marketing, yaitu tahap brand awareness.

6. Tentukan audiens iklan

Sumber: Followersindo.com

Setelah menciptakan desain visual dan caption yang menarik, kini saatnya kamu menargetkan calon konsumen produkmu. Ada beberapa kategori yang bisa kamu saring ketika ingin mengiklankan produk di IG Ads, beberapa di antaranya adalah usia, gender, lokasi, minat dan ketertarikan. Berdasarkan metriks tersebut, kamu bisa mendapatkan calon konsumen bisnismu.

7. Mulai beriklan di Instagram Ads dengan Facebook Ads Manager

Sumber: Biteable.com

Lain halnya dengan boost post Instagram, kamu bisa menggunakan Facebook Ads manager untuk membuat iklan di Instagram. Mengelola iklan di Facebook Ads Manager akan membuat iklanmu lebih terukur. Pasalnya, Facebook Ads Manager dapat mengatur kemunculan iklan, misalnya di feed, stories, atau sebagai media partner Facebook. Selain itu, mengiklankan produk melalui Facebook Ads Manager juga dapat membuatmu mampu menganalisa data hasil promosi di Instagram Ads yang telah dijalankan.

Itulah tujuh langkah mengiklankan produk di Instagram Ads. Kamu ingin mengiklankan produk bisnismu di media sosial, namun masih bingung untuk memulainya?

Yuk, konsultasikan bisnismu dengan Katarsa melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Exit mobile version