Dalam media sosial, visual adalah unsur terpenting. Selain dapat membuat tampilan media sosial jadi lebih menarik, desain visual juga dapat meningkatkan strategi marketing bisnismu. Yuk, simak langkah-langkah membuat desain media sosial agar bisnis makin menarik!

Media sosial adalah salah satu channel pemasaran digital yang efektif. Dua media sosial yang cenderung sering digunakan oleh pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya adalah Facebook dan Instagram. Untuk mengaktifkan bisnis di media sosial, kamu memerlukan desain visual yang menarik. 

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh HubSpot, ditemukan bahwa sekitar 70% perusahaan atau bisnis melakukan pemasaran digital di media sosial menggunakan visual content. Selain video, visual content yang dimaksudkan dalam hal ini adalah menggunakan desain yang powerful untuk konten media sosial bisnismu. 

Berikut ini Katarsa telah merangkum beberapa tips desain media sosial agar bisnismu makin eksis sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen. 

7 Tips Desain Media Sosial untuk Meningkatkan Bisnis

desain-medsos

Sumber: Freepik

1. Lakukan kompetitif research 

Langkah awal yang perlu dilakukan saat membuat desain media sosial adalah melakukan kompetitif research. Beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat melakukan tahap ini adalah cara brand atau bisnis lain memvisualisasikan produknya dan cara mereka menarik perhatian calon konsumen. Misalnya, sebuah brand hanya menggunakan foto produk atau brand menggunakan foto produk dilengkapi dengan teks sederhana. 

2. Pastikan posisi logo konsisten 

Untuk logo, pastikan kamu menempatkannya pada posisi yang konsisten. Jika penempatan logo ingin diubah untuk menyesuaikan dengan desain, pastikan logo berada di posisi tengah. Pastikan pula logo tak mengalahkan desain layout-mu. Selain itu, tentukan pula ukuran minimum logo yang digunakan dalam desain media sosial.

3. Pilih font yang menggambarkan identitas bisnis

Jenis font juga menjadi salah satu elemen penting dalam desain media sosial. Font dapat memberikan identitas brand atau produk yang dipromosikan. Apa pun jenis font yang kamu gunakan, usahakan tetap konsisten atau sama di setiap posting-an.

4. Gunakan layout yang konsisten 

Layout yang konsisten akan membuat tampilan posting-an media sosialmu jauh lebih menarik di mata calon konsumen. Gunakan layout yang konsisten. Layout yang konsisten dapat membuat engagement media sosialmu meningkat karena terdapat konsep dan tema yang jelas. 

5. Sesuaikan ukuran dimensi desain dengan media sosial 

Setiap media sosial memiliki dimensi yang berbeda untuk di-posting. Oleh karena itu, pastikan kamu telah membuat beberapa ukuran dimensi foto sesuai dengan proporsinya. Jika tidak sesuai dengan ukuran, posting-an kamu bisa saja terpotong atau terlalu kecil dan tidak sesuai dengan ukuran semestinya.

6. Prioritaskan gambar berada di atas teks

Visual atau gambar di media sosial cenderung lebih menarik dibandingkan teks. Karena itu, untuk menciptakan desain media sosial yang menarik, kamu bisa memprioritaskan gambar di atas teks. Dengan kata lain, kamu bisa mengatur tingkat ketebalan warna font yang digunakan.

7. Gunakan desain dengan warna kontras agar media sosial lebih menonjol

Desain yang baik akan selalu terlihat menonjol. Salah satu cara membuat desain media sosial yang menarik adalah dengan mengatur warna kontrasnya. Misalnya, jika kamu menggunakan background yang gelap, kamu bisa menggunakan warna font yang terang, seperti warna putih.

Itulah tujuh tips desain media sosial yang bisa kamu praktikkan untuk bisnismu. Jika kamu baru ingin memulai pemasaran digital di media sosial, ada beberapa pilihan template desain gratis persembahan Katarsa yang bisa kamu gunakan. Yuk, cek di sini

Kamu ingin konsultasi terkait Digital Marketing untuk bisnismu? Segera hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

Exit mobile version