Saat ini, dunia sedang mengalami transformasi besar-besaran berkat kehadiran artificial intelligence (AI). Artificial intelligence (AI) telah merevolusi berbagai macam sektor seperti manufaktur, industri kreatif, dan juga di bidang pemasaran digital.

Artificial intelligence (AI) menawarkan berbagai kemudahan bagi manusia seperti meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, membantu produktivitas, membantu memilah informasi, dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

Dalam merancang strategi pemasaran, kehadiran AI dapat membantu dalam memahami konsumen secara yang lebih baik, menghadirkan konten yang lebih personal, optimisasi selama kampanye berjalan, dan membantu untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan AI:

1.Optimalisasi Strategi Ide

AI berperan penting dalam mengubah ide-ide abstrak menjadi konsep yang konkret dan terstruktur, memberikan dampak signifikan dalam menghasilkan output kreatif yang maksimal.

2.Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Peningkatan pengguna internet setiap tahun menunjukkan pergeseran teknologi dari tradisional ke digital, meningkatkan peluang penggunaan strategi Digital Marketing untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkembang dan beradaptasi dengan teknologi.

3.Ketergantungan pada Digital Channel

Dalam pemasaran, penggunaan Search Engine Optimization (SEO), Pay-Per-Click (PPC), dan email marketing menjadi metode yang sering digunakan untuk menjangkau audiens.

SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian mesin pencari, seperti Google, dengan tujuan meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pengunjung organik. 

Berbeda dengan SEO, PPC adalah model pemasaran digital dimana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. PPC dapat memberikan hasil yang instan bagi pengiklan karena dapat membuat website untuk berada di halaman 1 Search Engine Result Post (SERP).

4.Personalisasi

AI dapat menganalisis data pelanggan, seperti riwayat pembelian, interaksi di media sosial, dan demografi pelanggan, sehingga pebisnis dapat memahami kebutuhan dan preferensi individual. Algoritma AI dapat menganalisis pola dan tren terkini.

Ini berdampak positif pada pembuatan strategi konten yang akan dibuat dapat menjadi sangat relevan, rekomendasi produk juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dan penawaran khusus yang lebih menarik bagi masing-masing pelanggan. Ini penting karena di sektor business to consumer (B2C), pelanggan mengharapkan pengalaman yang lebih personal.

5.Fokus pada Kualitas Konten daripada Kuantitas

Konten merupakan aspek penting dalam Digital Marketing. Saat ini, para pemasar lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas konten. Penyampaian pesan yang bermanfaat dapat meningkatkan kepercayaan serta kredibilitas merek Anda.

6.Automasi AI

Penggunaan AI seperti Chat GPT dan Gemini AI menyediakan solusi interaktif untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dalam Digital Marketing, AI bisa digunakan untuk menghasilkan konten yang menarik, menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time, dan memberikan rekomendasi konten yang personal.

Selain untuk tulisan, ada juga AI untuk generate foto yakni Fotor yang dapat alat yang dapat membantu Anda mengedit, memotong, mengubah ukuran, atau menambahkan efek & teks, hingga membuat kolase untuk menghasilkan visual gambar yang optimal.

7.Mengadopsi atau Mengabaikan AI

Penerapan AI dalam Digital Marketing memungkinkan penyajian konten yang lebih relevan dan mengoptimalkan strategi pemasaran secara otomatis. Sebaliknya, mengabaikan AI bisa membuat Anda kehilangan keunggulan kompetitif, termasuk peluang memanfaatkan analisis prediktif dan personalisasi yang lebih tinggi dalam interaksi dengan pelanggan. Tidak mengintegrasikan AI dalam strategi Digital Marketing berpotensi mengurangi efektivitas kampanye dan memperlambat pertumbuhan bisnis.

Namun, selain nilai positif yang ditawarkan oleh AI, ada juga beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan AI dalam pemasaran digital.

1.Butuh Keterampilan dan Pengetahuan Khusus

Untuk bisa menerapkan teknologi AI diperlukan kemampuan khusus terutama di bidang teknologi dan digital marketing. Sebaiknya anda memiliki karyawan khusus yang memiliki kemampuan tersebut agar tidak mendadi kendala dalam proses pelaksanaannya.

2.Biaya

Untuk dapat menggunakan teknologi AI, diperlukan biaya yang mahal untuk membeli alat-alatnya. Ini dapat menjadi kendala bagi usaha kecil dan menengah (UMKM).

3.Etika dan Privasi Data

Salah satu faktor yang menjadi pertanyaan dalam penerapan AI terutama di bidang digital marketing adalah mengenai transparansi data dan 

Penggunaan AI dalam pemasaran menimbulkan pertanyaan tentang bias algoritma, transparansi data, dan privasi pelanggan. Penting untuk menerapkan praktik terbaik dan mematuhi peraturan privasi data untuk menghindari risiko reputasi dan hukum.

4.Regulasi yang Belum Jelas

Regulasi dan undang-undang perihal penggunaan AI dalam sektor pemasaran masih dalam tahap pengembangan di beberapa negara tertentu. Ini dapat menimbulkan potensi masalah dan hambatan dalam implementasi AI.

Untuk dapat menavigasi tantangan menjadi peluang, Anda bisa fokus untuk memulai dengan menjalankan proyek atau kampanye dengan skala yang kecil dan terukur. Anda dapat secara perlahan membangun tim, melakukan pelatihan dan mempelajari ilmu mengenai digital marketing.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan digital agency yang sudah berpengalaman, terpercaya, ahli, dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan anda memilih Katarsa sebagai solusi dari strategi pemasaran anda dimana kami telah menangani puluhan klien ternama seperti PT PLN (persero), PT Hutama Karya (persero), PT Jasa Marga (persero), Forum Humas BUMN, Vivo Indonesia, Frisian Flag, Belfoods, Japfa, dan masih banyak lagi.

Anda dapat memilih layanan dengan berbagai objektif seperti social media management, konten marketing, website development, social media ads, Google ads, Search Engine Optimization (SEO), e-mail marketing dan lain-lain yang dapat Anda akses disini.

Jika Anda masih bingung atau memerlukan panduan lebih lanjut, kami juga menyediakan konsultasi gratis bersama ahli digital marketing dari Katarsa yang bisa Anda hubungi disini.

Penulis : Aninditha Septianti & Prahara Galih Kusuma Wardhana

Exit mobile version