Kehadiran bisnis UMKM dalam dunia digital semakin meningkat di Indonesia, bahkan seperti dilansir dari Antara News (2023) ada sebanyak 22 juta UMKM telah masuk ke ekosistem digital hingga Maret 2023.
Hal ini menandakan bahwa pentingnya meningkatkan strategi digital dalam mengoptimalkan bisnis di tengah maraknya persaingan.
Salah satu cara yang bisa diterapkan dalam meningkatkan visibilitas bisnis adalah dengan menjalankan Paid Search Advertising atau secara umum lebih dikenal sebagai Pay per Click.
Tentunya hal ini bertujuan untuk membuat bisnis Anda tetap eksis ditengah persaingan hingga meningkatkan revenue.
Lalu, apa itu Paid Search Advertising?
Singkatnya, Paid Search Advertising adalah iklan yang menargetkan kata kunci tertentu agar muncul pada halaman pertama mesin pencari. Dan, pengiklan akan membayarkan sejumlah uang ketika audiens mengklik iklan tersebut.
Dengan menggunakan strategi ini, tentunya pebisnis akan mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, meningkatkan brand awareness hingga konversi.
Tidak hanya itu, berikut adalah manfaat lainnya dalam menggunakan Paid Search Advertising untuk UMKM.
Baca Juga: Meningkatkan Konversi Bisnis UMKM dengan Google Search ads
Manfaat menggunakan Paid Search Advertising (Pay Per Click) untuk UMKM
1.Meningkatkan Brand Awareness
Menurut Bright Local (2023) sebanyak 98% konsumen menggunakan Google untuk menemukan bisnis lokal. Ini merupakan jumlah yang sangat besar bahkan bisa dikatakan jika hampir semua orang akan mencari tahu informasi mengenai produk atau melalui Google sebelum mereka menggunakannya.
Hal ini berarti pebisnis memiliki peluang yang besar dalam mengenalkan produk mereka pada mesin pencari Google.
Baca Juga: 5 Hal yang Jarang Orang Ketahui Saat Beriklan di Google Ads SEM
2.Meningkatkan Traffic ke website
Berdasarkan data statistik yang dimuat dalam First Page Sage (2023), iklan yang memiliki peringkat teratas pada halaman pertama Google memiliki potensi di klik 39% lebih besar dibanding iklan yang memiliki peringkat di bawahnya.
Jika pebisnis mampu mengimplementasikan teknik-teknik yang tepat dalam menjalankan paid search advertising maka, kemungkinan klik yang didapat akan semakin tinggi sehingga terjadinya peningkatan traffic pada website.
3.Menghubungkan konsumen potensial langsung dengan bisnis
Dalam penerapannya, paid search ads akan menargetkan kata kunci tertentu yang biasanya banyak diketik oleh konsumen di dalam mesin pencari.
Artinya, kata kunci yang digunakan dalam beriklan merupakan kata kunci potensial yang memang sering digunakan oleh audiens dalam mencari tahu mengenai produk atau jasa tertentu.
Jika pebisnis mampu menargetkan kata kunci yang tepat maka, iklan yang dijalankan akan mendatangkan konsumen-konsumen baru langsung ke dalam landing page atau website Anda.
4.Hasil yang dapat diukur
Paid search ads memiliki alat pelacakan dan data analitik yang cukup komprehensif, sehingga sangat memungkinkan bagi para pelaku UMKM untuk melihat efektivitas dari kampanye iklan yang telah mereka jalankan.
Data-data statistik tersebut juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan dalam mengoptimalkan strategi kampanye iklan selanjutnya.
5.Biaya lebih terjangkau
Paid search advertising memungkinkan bagi UMKM untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat hingga perilaku audiens.
Sehingga iklan yang akan dijalankan akan lebih tepat sasaran dan pebisnis dapat mengelola budget yang akan dikeluarkan dengan lebih efisien.
Selain itu, tersedianya data analitik seperti jumlah klik, biaya per klik, hingga biaya per akuisisi akan sangat membantu bagi pebisnis UMKM untuk membuat analisa untuk mengoptimalkan kampanye iklan berikutnya.
Baca Juga: Maksimalkan Potensi B2B dengan Search Engine Marketing
Menjalankan paid search ads memang membutuhkan serangkaian riset dan percobaan hingga mencapai hasil yang maksimal. Namun bukan berarti Anda dapat melewatkannya di tengah persaingan ketat digitalisasi marketing seperti sekarang.
Tentunya Katarsa dapat membantu Anda dalam mewujudkan kampanye paid search ads yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai paid search ads atau digital marketing secara keseluruhan Anda dapat menghubungi kami di sini. Atau melihat layanan kami di sini.