5 Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Anda
Instagram marketing untuk bisnis | Pengguna Instagram terus bertumbuh dari waktu ke waktu, bahkan saat ini ada lebih dari satu miliar pengguna secara global. Besarnya angka pengguna tersebut, tak heran membuat Instagram menjadi salah satu medium pemasaran paling penting dan efektif sekarang ini.
Tentunya kemudian Anda berpikir bagaimana Instagram dapat bekerja untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Apa bisa hanya melalui konten berupa foto dan video yang disertai caption atau deskripsi singkat produk?
Foto: Unsplash
Di sinilah tepatnya kekuatan strategi content marketing alias konten pemasaran yang mumpuni, agar Anda bisa sukses mendorong calon pembeli untuk menggunakan produk yang Anda jual. Berikut Katarsa.id mengupas 5 strategi pemasaran yang jadi kunci sukses berjualan di Instagram, simak di bawah ini:
1. Gunakan tagar
Hashtag atau tagar kini semakin populer berkat fungsinya yang tidak hanya memberikan citra unik pada produk, tapi juga efektif untuk berbagai macam promosi yang sedang dan dan akan Anda lakukan.
Sebagai contoh, sebuah brand hijab yang besar berkat Instagram, Vanilla Hijab (@vanillahijab), cukup aktif menggunakan daya tarik tagar sebagai pelengkap konten pemasarannya. Pelanggan Vanilla Hijab dapat mengikuti perkembangan serial produk khusus yang dinamakan KISAH, melalui tagar #KisahbyVanilla, yang mendapat tempat di tengah para Instagrammers berkat cerita-cerita di balik #KisahbyVanilla. Tagar tersebut juga semakin efektif saat banyak pelanggan Vanilla Hijab yang sudah memakai produk KISAH, membagikannya di Instagram masing-masing dengan tagar yang sama.
2. Kreatif dengan promosi dan hadiah
Saat sudah banyak yang bertanya-tanya dengan kehadiran produk Anda, jangan ragu untuk memberikan beberapa hadiah atau yang lebih dikenal dengan nama giveaway. Hadiah yang dimaksud bisa berupa produk Anda sendiri.
Selain dapat meningkatkan engagement antara produk dan pelangganmu, cara giveaway juga dapat meningkatkan jumlah followers aktif. Caranya dengan mencantumkan syarat untuk follow akun Instagram-mu terlebih dahulu sebelum menjadi peserta giveaway.
Salah satu penerapan giveaway dari sebuah produk baru dapat dilihat pada produk minuman Hydromamma (@hydromama). Dengan mekanisme giveaway yang cukup sederhana, Hydromamma memanfaatkan keunikan produk barunya dan mempromosikannya lewat kegiatan giveaway sekaligus menjaring lebih banyak pelanggan baru.
3. Ceritakan cerita Anda
Buat produk Anda bercerita dengan konten plus bahasa yang lugas, merupakan cara yang cukup efektif agar pelanggan dapat lebih mudah menerima produk Anda. Cerita di balik terciptanya produk yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-sehari dari target pelanggan, dapat menjadi cara untuk menjalin kedekatan atau engagement yang lebih positif. Jadi tidak sekadar berjualan, ada nilai-nilai positif yang dapat dibagikan kepada followers.
Hal ini kerap dilakukan oleh Kopi Kenangan (@kopikenangan.id), yang sering membagikan cerita yang diracik khusus sesuai dengan salah satu nama menu kopinya yaitu Kopi Kenangan Mantan. Dengan tagar #KenanganMantan, akun ini sering membagikan cerita-cerita lucu dari para pelanggan yang gagal move on alias masih sayang dengan mantan kekasihnya.
4. Ambil testimoni dari pelanggan
Setelah sukses memasarkan sejumlah produk, tidak ada salahnya meminta testimoni atau ulasan singkat dari para pelanggan. Contohnya dengan meminta pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka menggunakan produk Anda melalui akun Instagram pribadinya. Cara seperti ini dinilai efektif karena menggunakan pengalaman yang nyata dan ulasan yang jujur dari pengguna.
Setelah mendapatkan testimoni, jangan lupa bagikan kembali melalui akun Instagram produk Anda, agar konten pemasaranmu semakin kaya. Label mode perempuan Jenna and Kaia (@jennaandkaia.official), juga sering menggunakan cara ini. Selain dapat menambah konten positif, Anda juga bisa menjalin kedekatan yang lebih dengan pelanggan setia.
5. Bagikan tip berguna
Berbagi ilmu pengetahuan juga tak kalah pentingnya dengan berbagi informasi atau berita terkini. Seringkali konten yang mengedukasi dan menambah wawasan, dibagikan lebih dari satu kali di antara netizen.
Konten seperti ini sering juga disebut sebagai shareable content atau konten yang bisa dibagikan. Namun, konten seperti ini cukup membutuhkan kemampuan desain grafis yang baik agar konten jadi lebih menarik dan mudah dipahami.
Aplikasi Alodokter (@alodokter) melalui akun Instagram-nya, sering membagikan tip edukatif yang berkaitan dengan kehamilan. Seiring dengan cepatnya informasi bergerak, Alodokter pun memberikan tagar khusus yaitu #hamilsehatalodokter, agar para ibu hamil yang bisa mendapatkan sumber informasi terpercaya seputar kehamilannya.
Jika Anda sedang membutuhkan jasa konten instagram untuk marketing campaign business Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan kami, katarsa.id. Dengan pengalaman dan para tenaga ahli di bidang digital marketing, kami dengan senang hati akan membantu segala kebutuhan Instagram Anda.
TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG
Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis
Artikel ini bagian dari serial #EnakJualanOnline untuk kalangan UMKM.