Pengguna internet di Indonesia selama 10 tahun terakhir terus mengalami peningkatan, bahkan menurut laporan dari We Are Social (2023) menyatakan bahwa per tahun 2023 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 213 juta orang. Ini artinya lebih dari 70% orang Indonesia telah aktif menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. 

Jumlah yang tinggi ini dapat menjadi peluang bisnis bagi Anda yang mampu mengoptimalkan penggunaan internet, terutama pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan X. Platform tersebut memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk melakukan pemasaran sesuai dengan target pasar yang ingin dituju.

Selain itu manfaat lainnya menjalankan bisnis melalui platform media sosial adalah Anda bisa menargetkan konten dan iklan yang Anda buat kepada target market yang lebih spesifik seperti usia, gender, lokasi, status sosial hingga perilaku mereka. 

Tentunya membentuk tim digital marketing tidaklah mudah. Akan akan ada banyak tantangan yang akan Anda hadapi dalam memasarkan bisnis melalui media sosial.

Mulai dari merekrut karyawan yang kompeten, menyusun strategi pemasaran, melakukan perhitungan budget marketing yang efisien, membuat konten, menulis copywriting yang menarik, mendesain foto dan video, serta membuat laporan kerja yang baik dan benar. 

Nah bagi Anda yang belum memiliki tim digital marketing, ada cara yang lebih efektif dan efisien yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan kerja sama dengan digital marketing agency

Digital marketing agency merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan layanan pemasaran digital kepada perusahaan atau pebisnis. 

Layanan yang ditawarkan berupa digital marketing 360, mulai dari konten marketing, pembuatan website, live streaming, hingga iklan berbayar media sosial. 

Untuk memilih digital marketing agency yang tepat, berikut 7 tips memilih digital marketing agency yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk bekerja sama:

1.Tentukan Objektif

Sebelum memilih layanan digital marketing, tentukan terlebih dahulu objektif yang ingin dicapai.

Beberapa objektif yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah meningkatkan brand awareness,  leads, traffic dan penjualan, mengembangkan media sosial, dan optimalisasi website.

Jika brand Anda membutuhkan visibilitas pada platform media sosial, maka layanan social media marketing merupakan pilihan yang tepat, namun jika Anda membutuhkan peningkatan performa website maka Anda membutuhkan UI/UX desain maupun pengembangan website.

Namun jika Anda mengalami kesulitan untuk menentukan layanan yang dibutuhkan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan digital marketing agency yang ingin Anda pilih.

2.Evaluasi budget

Sebelum menghubungi digital marketing agency, sebaiknya tentukan dahulu budget pemasaran yang ingin Anda keluarkan. Perlu Anda ketahui jika tiap digital marketing agency memiliki tarif yang berbeda-beda.

Semakin banyak layanan yang dipilih akan semakin meningkatkan anggaran budget yang Anda keluarkan. Namun umumnya agensi cukup terbuka dalam negosiasi harga, terutama jika kontrak kerja sama dilakukan dalam waktu yang panjang.

Oleh karena itu, perhatikan juga cara pemilihan layanan yang tepat agar budget yang dikeluarkan menjadi lebih efektif.

3.Lakukan riset

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan digital marketing agency, pastikan Anda melakukan pengecekan lebih mendalam mengenai digital marketing agency yang akan dipilih.

Tujuannya untuk menilai apakah digital marketing agency tersebut memiliki kredibilitas dan kompetensi yang baik sesuai dengan bidangnya.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah legalitas perusahaan, lokasi kantor, dan track record perusahaan. Anda bisa mengetahui informasi tersebut melalui mesin pencari, website resmi, maupun media sosial yang mereka miliki.

4.Portofolio

Lakukanlah peninjauan portofolio yang mereka miliki, Anda dapat melihat brand-brand yang telah bekerja sama dengan mereka melalui portofolio. Disini juga Anda akan melihat bagaimana kinerja serta pencapaian yang mereka miliki selama bekerja sama dengan brand.

Tentunya Anda bisa menjadikan ini sebagai bahan pertimbangan yang mendalam untuk memilih digital marketing agency yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Untuk mengetahui portofolio yang dimiliki oleh digital marketing agency, Anda dapat mengaksesnya melalui website resmi atau memintanya secara langsung.

5.Komunikasi dan transparansi

Komunikasi yang efektif sangat penting dilakukan ketika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan digital marketing agency

Pastikan agensi yang dipilih profesional dalam menjaga privasi mengenai aset yang Anda miliki serta selalu transparan untuk melaporkan data terkait performa dari setiap kampanye yang dilakukan.

Anda juga harus memastikan digital marketing agency tersebut menyampaikan laporan terkait performa kampanye setiap bulannya, hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memantau kinerja mereka.

6.Tentukan jadwal meeting

Setelah menentukan objektif dan budget yang sesuai, selanjutnya Anda dapat membuat jadwal meeting untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai rencana kerja kedepannya.

Melalui meeting ini mereka akan mempresentasikan mengenai strategi-strategi yang akan dijalankan sesuai dengan kebutuhan brand Anda.

7.Mengukur keberhasilan

Ada banyak metrics atau pengukuran yang biasa digunakan oleh digital marketing agency untuk mengetahui seberapa efektif performa dari sebuah aktivitas marketing yang telah dijalankan.

Contohnya adalah jika Anda memiliki objektif brand awareness, maka metrics seperti Reach, Followers, Views, dan Engagement dapat menjadi indikator keberhasilan kampanye yang telah dilakukan.

Agar objektif ini dapat tercapai dengan maksimal, sebaiknya Anda mendiskusikan jumlah target yang ingin dicapai dalam periode tertentu dengan membuat Key Performance Indicator (KPI) sesuai dengan kesepakatan bersama.

Sekarang Anda telah memahami 7 tips memilih digital marketing agency yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk memulai strategi digital marketing yang efektif, bekerja sama dengan digital marketing agency bisa menjadi solusi yang paling efisien. 

Baca Juga: Digital Agency untuk Bisnis yang Lebih Bersinar

Pastikan anda memilih Katarsa sebagai solusi dari strategi pemasaran anda dimana kami telah menangani puluhan klien ternama seperti PT PLN (persero), PT Hutama Karya (persero), PT Jasa Marga (persero), Forum Humas BUMN, Vivo Indonesia, Frisian Flag, Belfoods, Japfa, dan masih banyak lagi.

Anda dapat memilih layanan dengan berbagai objektif seperti social media management, konten marketing, website development, social media ads, Google ads, Search Engine Optimization (SEO), e-mail marketing dan lain-lain yang dapat Anda akses disini.

Jika Anda masih bingung atau memerlukan panduan lebih lanjut, kami juga menyediakan konsultasi gratis bersama ahli digital marketing dari Katarsa yang bisa Anda hubungi disini.

 

Penulis:

Rafflesia Ningsih Lestari

Prahara Galih K.

Exit mobile version